Berolah nafaslah

imagesBernafas adalah tanda kehidupan untuk semua makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) ciptaan TUHAN, sebab makhluk hidup dapat memperoleh energi untuk hidup secara alami melalui pasokan udara, selain dari makanan dan minum.

Secara ilmiah dapat diketahui bahwa oksigen yang dihirup adalah salah satu unsur kimia alam yang dibutuhkan untuk proses pembakaran kalori yang menghasilkan tenaga.
Jika pada tumbuhan, tenaga yang dihasilkan akan mendukung pertumbuhan akar dan tunas hingga terus tumbuh menghasilkan bunga dan buah. Juga sama halnya dengan manusia dan hewan, kedua makhluk ini menggunakan tenaga atau energi yang dihasilkan dari tubuhnya melalui oksigen yang dihirupnya untuk mendukung seluruh organ tubuh (seperti otak, jantung, hati, paru-paru, ginjal, dan sebagainya) untuk dapat bekerja dengan baik.

Manusia adalah makhluk ciptaan TUHAN yang paling kompleks dan sempurna, sehingga secara tidak langsung isi tubuh manusia lebih “istimewa” dibandingkan hewan ataupun tumbuhan.
Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh tubuh manusia, adalah: sistem pernafasan.
Keistimewaan sistem pernafasan pada manusia tersebut ternyata tidak hanya sebagai salah satu unsur penting untuk kelangsungan hidup saja, tetapi melalui sistem pernafasan yang diolah dengan benar dan tepat, akan menghasilkan kualitas hidup manusia yang lebih baik secara jasmani dan rohani.
Beberapa contoh diantaranya adalah:

  • Dengan olah pernafasan yang benar dan tepat, dapat mencegah hingga pemulihan dan kesembuhan tubuh terhadap suatu gangguan kesehatan jasmani.
  • Dengan olah pernafasan yang benar dan tepat, dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dari gangguan kesehatan rohani (seperti stress, depresi, dan sebagainya)
  • Dengan olah pernafasan yang benar dan tepat, dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dengan tingkat kebugaran tubuh yang optimal, baik jasmani dan rohani.

Bagaimanakah meningkatkan kualitas hidup dengan olah pernafasan yang sederhana dan benar?

Tarik nafas yang dalam secara perlahan melalui hidung hingga memenuhi rongga dada secara alami tanpa dipaksakan saat sudah mencapai titik puncaknya, lalu dihembuskan secara perlahan melalui hidung secara perlahan juga hingga rongga dada terasa kosong secara alami tanpa perlu dipaksakan. Lakukanlah sering mungkin selama 10 menit dengan kondisi tubuh relaks (dapat berupa duduk bersandar pada kursi atau posisi terlentang tidur)

Tujuan dari olah pernafasan sederhana di atas adalah untuk meningkatkan ketenangan dan relaksasi dengan meningkatkan volume oksigen yang dihirup ke dalam tubuh.
Pernafasan di atas cocok untuk mengurangi rasa stress, suntuk saat melakukan suatu pekerjaan berat yang menjemukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: